sudden death : brugada syndrome !

        Pas lagi nntn NGC ada acara judul nya sudden death , di kirain acara apa ternyata acara yg ngebahas tentang kematian mendadak tanpa gejala tentang sindrom brugada, sindrom ini pun sangat mengerikan menurut saya karena mengambil nyawa orang tanpa ada gejala dan dalam kodisi sedang tidur yg lebih menakutkan karena sindrom ini kebanyakan di derita oleh laki laki usia 33 tahun , Apa itu sindrom brugada ini sedikit info nya :
       Sindrom Brugada adalah penyakit genetik yang ditandai dengan peningkatan risiko kematian mendadak. Sindrom ini dinamakan oleh kardiolog Pedro dan Joseph Brugada dari Spanyol pada 1992. Penyakit ini kemungkinan besar menjadi penyebab Kematian mendadak saat tidur (KMST) atau sudden and unexpected nocturnal pada pria muda di wilayah Asia Tenggara.
          Penyebab kematian dalam sindrom Brugada adalah ventrikel fibrilasi (kondisi di mana terdapat tidak terkoordinasi kontraksi otot jantung dari ventrikel di jantung). Pada kasus ini Otot ventrikel berkedut secara acak dan tanpa koordinasi sehingga ventrikel gagal untuk memompa darah ke dalam arteri dan masuk ke sirkulasi sistemik.
           Dalam banyak kasus yang terjadi di Asia Tenggara, sindrom ini lebih banyak menyerang laki-laki dengan umur rata-rata 30-50 tahun. Di Indonesia, sindrom maut ini dilaporkan pertama kali oleh Dr Muhammad Munawar SpJP tahun 2002, dimuat di Jurnal Kardiologi Indonesia.

Gejala:
Sindrom ini nyaris tanpa gejala, penderita langsung meninggal tiba-tiba meskipun sebelumnya sehat-sehat saja bahkan tidak ada faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner.


Pengobatan:
Meskipun tidak ada pengobatan yang tepat yang dapat dipercaya dan benar-benar mencegah terjadinya sindrom ini. Upaya yang dapat dilakukan pada penderita sindrom Brugada adalah pemasangan alat cardioverter-defibrilator. Pemasangan itu pun tak banyak berarti jika gejala tak terdeteksi.

sumber :  http://health.detik.com/read/2010/05/15/114638/1357484/770/sindrom-brugada

0 komentar:

Posting Komentar